Cute Blue Flying Butterfly -->

25.11.10

Aliran musik mempengaruhi perilaku dan sebaliknya ;D

Postingan ini didasarkan pada keputusan gue mengenai berbagai hal, so ga ada dasar riset atau sejenis penelitian lainnya yeee :P

Dewasa ini terdapat berbagai jenis aliran musik yang memang cukup beragam dan banyak diminati khususnya oleh orang indonesia ya.. mulai dari musik asal negeri sendiri sampai musik2 asing.. Dalam Samantha, 2010, gue mengelompokkan jenis musik dan perilaku penikmatnya kedalam beberapa kelompok..

Yang pertama adalah aliran musik pop, kalo dari dalem negerinya kita punya beberapa band dengan aliran pop yang cukup easy listening kaya Sheila On7, Dewa, dan beberapa band lain yang seangkatan sama mereka. But, as we know, band2 itu kaya nya udah pada bubar atau gimana gitu yaa. Orang yang udah terbiasa dengerin lagu2 pop, biasanya cenderung lebih flexibel.. karena emang lagu pop itu pada dasarnya pas buat dinikmati dari beragam kalangan.. orang yang suka musik pop juga umumnya bisa suka sama beberapa jenis musik lain, seperti yang gue bilang flexibel tadi.. ohya kalo diliat dari materi lagu2 pop itu beragam banget, mulai dari tentang cinta (well, biasa lah..) sampe tentang macem2 deh.. so, penikmatnya juga punya banyak pilihan mau dengerin lagu2 dengan tema apa, sesuai sama suasana hati aja.. orang yang suka musik pop ini bisa jadi agak moody, jadi dia lebih milih musik pop karna banyak pilihan yang sesuai dengan suasana hati. J ohhyaa kalau buat musik2 dari luar itu sekarang lebih banyak punya nya penyanyi solo cewek kayak Taylor Swift gitu..

Yang kedua itu ada aliran musik RnB, alirannnya anak gaol. Hehe. Biasanya penikmat RnB itu lebih Hi-tech, maksudnya tuh mereka banyak tau dan ngerti tentang teknologi musik yang berhubungan dengan musik RnB gitu (tau kan kalo RnB itu full mixing) dan berhubung banyakan yang Rnb itu dari asing so penikmat RnB musti bisa cas cis cus la yaa.. ga jaman lagi dengerin lagu luar tapi ga bisa nangkep speeling words dari lagunya. Penikmat RnB juga cenderung lebih aktif dan ga terlalu moody. Kalo semisalnya penyanyi RnB itu ada kayak Ne-Yo, BEP, dll.

Abis ituu ada juga penikmat musik slow rock. Kalo dari old school nya itu ada Scorpions. Musik ini jadi pilihan buat orang2 yang kurang suka nunjukin perasaannya melalui lagu2 yang melow2 kaya ee kuciang.  Musik2 slow rock itu biasaya makna nya justru lebih dalem dan ngena hati, tapi berhubung cara penyampaiannya yang cukup keras jadi sukses deh nutupin perasaan biar ga ketauan sama orang laen kalo lagi sedih, jato cinta atau lainnya. Tapi kalo ada sesama penikmat slow rock pasti udah paham deh apa makna itu lagu walo musiknya ngerrock begitu. Kalo diindo sendiri ada Slank! J

No comments:

Post a Comment